Kamu Cantik Hanya Karena Kamu Anak Ibu

“Sausan tidak mau sekolah, semua tidak ada yang teman. Hanya Hari Senin saja yang teman, lainnya tidak,” katanya. Itu awal dari ribetnya berangkat sekolah beberapa minggu lalu. Sampai kemudian tercetus,” Sausan mau putih. Sausan mau cantik biar ada yang teman di Hari Selasa-Sabtu.” Ternyata, ada satu anak yang lumayan besar fisiknya, berpengaruh dan yang jelas termakan iklan. Ia tidak putih (seperti tisu basah), tapi entah ide dari mana, berusaha menjadi putih dengan bedak. Anak TK?!

Saya berusaha membujuk, menjelaskan semua perempuan dilahirkan cantik, dengan bahasa sederhana. Bahkan sampai telepon Tante Yanti (yang Sausan suka karena suka ngajak bikin kue), tidak mempan. Setiap pagi selalu rusuh hingga diakhiri sangat telat ke sekolah yang jaraknya hanya 50 langkah dari pintu rumah.

Lalu beberapa waktu lalu, saya ngobrol dengan kawan, soal ini itu sampai pada masa kecil dan hal unik yang menyertai. Saya suka matanya, ia berseri-seri saat bercerita tentang masa itu. Sampai kemudian ia katakan:Kalau pengin dibelikan baju, saya kirim surat ke ibu saya (walau mereka tinggal serumah). Ya surat!

Sausan's letters
Sausan’s letters

Ide itu saya bikin untuk Sausan. Saya bungkus kado (isinya biskuit, sebungkus permen, atau yang ia suka), lalu saya kasih kalimat pendek. Saya taruh di mejanya, sebelum saya berangkat kerja. Saat saya pulang, ia sudah tidur. Tapi ada bungkusan di meja saya. Dibungkusnya dengan koran, isinya buku ‘How to Keep Hamster’ (yang ia ambil dari rak) dan sebuah surat balasan.

Esoknya, ia berseri-seri berangkat sekolah karena pulangnya ia selalu mendapat kejutan. Saya lakukan hal yang hari berikutnya, Sausan membungkus buku’Kata adalah Senjata’ dan surat balasan. Begitu seterusnya.

Sampai kemudian saya tanya, “Sausan sudah punya teman di hari Selasa dan Rabu?”
“Ya. Sausan bilang, memang Sausan tidak putih, tapi Sausan bisa menulis surat buat ibu.” Mungkin temannya bingung, tapi itu tidak penting. Yang penting, PR saya selanjutnya, menulis surat tiap hari dengan tema yang berbeda.

May. 23. 2013

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s