Gadis Kecil yang Memetik Kembang Telang

telang
Kembang telang (Clitoria ternatea)

Dear Sausan,

Kali ini ini ibu ingin bercerita tentang seorang gadis kecil, usianya 7 tahun, ya seusiamu. Ia tinggal di rumah bercat hijau dengan banyak jendela. Rumah itu menghadap ke sungai besar, tapi pssst si gadis kecil itu tidak boleh main di sungai itu oleh ibunya. Walau sering kali tetap mengendap diam-diam untuk main bersama teman-temannya. Tapi janji ya, kamu tidak boleh menceritakan kepada ibunya. Nanti si gadis kecil itu dimarahi.

Di depan rumah hijau itu, ada halaman luas sekali. Penuh dengan pohon buah-buahan. Ada jalan kecoklatan yang panjang. Bagi gadis kecil itu, jalan itu sangat-sangat panjang. Kalau ia berdiri di tengah jalan, maka jalan itu berawal di tempat matahari terbit dan berakhir di tempat matahari terbenam. Jauh sekali bukan?

Gadis kecil itu, setiap hari melewati jalan itu ketika ke sekolah. Ia sendirian, karena teman-temannya tidak ada yang searah dengannya. Emmm tepatnya tidak sendirian juga. Di jalan ia selalu punya teman. Burung-burung kecil yang riang berkicau di dahan pohon asam belanda menjadi temannya. Setiap hari. Lalu ada kupu-kupu yang melintas, indah sekali sayapnya. Ia selalu memerhatikan hal kecil yang ia temui di sepanjang jalan.

Dari semua itu, ada satu tempat yang sangat ia sukai. Sebuah rumah berdinding bata, letaknya di ujung jalan (tempat matahari sering tenggelam di sebelah rumah itu). Setiap hari, saat gadis kecil itu sampai di depan rumah itu, selalu sudah dalam keadaan bersih. Bekas sapu lidi di halamannya. Yang ingin ibu ceritakan, halaman itu ada dua pohon kersen. Dikelilingi tanaman bunga sepatu warna merah yang selalu terpangkas rapi. Di semak kembang sepatu itu, tumbuh pula kembang telang warna ungu dan putih. Kembang telang tumbuh dengan sendirinya, liar, tapi tampaknya dibiarkan saja oleh pemiliknya.

Setiap kali sampai di depan rumah itu, ia suka memetik kembang telang yang bermekaran di pagi hari. Banyak sekali ia petik, dan tidak pernah habis. Bunga-bunga itu dimasukkan ke dalam tasnya. Setelah tasnya penuh, ia suka memerhatikan kembang sepatu yang mulai mekar. Kuncupnya berbentuk seperti pensil, kemudian mekar pelan-pelan seperti corong es krim, lalu lama-lama mekar seperti kap lampu. Sesekali kumbang hitam hinggap. Saking asyiknya memerhatikan mekarnya kembang sepatu itu, ia kerap telat sampai ke sekolah.

Psst tentu saja ia tidak bilan pada ibunya, kalau ia telat. Untung gurunya baik, tidak pernah menegur muridnya yang telat. Apalagi si gadis kecil ini, termasuk anak yang pintar di sekolah. Ia sangat suka pelajaran IPA. Terutama yang membahas tentang tanaman. Ia belajar sendiri, dari apa yang ia temui di sepanjang perjalanan ke sekolah.

Kembang telang yang ia kumpulkan, kadang ia salin menjadi lukisan (gadis kecil ini pernah mendapatkan angka 9 untuk salah satu lukisannya. Angka tertinggi untuk sebuah lukisan di kelasnya biasanya hanya 8. Tapi bukan itu, ia hanya senang melukis, entah angkanya berapa), kadang ia bongkar bagian-bagiannya, lalu ia tanyakan ke gurunya. Banyak sekali pertanyaan, sampai sering kali gurunya tidak tahu jawabannya. Tapi kadang-kadang, bunga-bunga itu tinggal di tasnya, saat ia lupa dan sibuk main layang-layang. Lalu tasnya kotor, ibunya marah.

Itulah cerita tentang gadis kecil dan kembang telang. Bukan cerita yang penuh petualangan, tapi keindahan jalan yang ia lalui saat ke sekolah itu, akan selalu diingatnya saat ia dewasa.

Catatan:
Puluhan tahun berselang, gadis kecil itu menjadi dewasa. Ia masih suka memerhatikan hal-hal kecil di sepajang jalan yang ia lalui. Termasuk tanaman dan bunga. Pekerjaannya pun berurusan dengan bunga. Ia mencatat, kembang telang (Clitoria ternatea) merupakan tumbuhan berkhasiat obat. Mulai dari asma, diare, hingga aprodisiak. Bunganya juga digunakan sebagai pewarna makanan, beras, dan kain.

Advertisements

2 thoughts on “Gadis Kecil yang Memetik Kembang Telang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s