GUBERNUR DKI dan ANAK-ANAK

Lapangan Banteng, 8 Juni 2013

Tahun 2003, saya meliput pembukaan pameran Flona di Lapangan Banteng untuk pertama kali.Saya bisa leluasa motret karena tidak banyak wartawan yang meliput event ini. Kala itu mata saya menghangat gara-gara gubernur dan anak-anak.

JokowiDari pagi, anak-anak TK sudah siap, mementaskan drama tentang menanam pohon. Akhir kisahnya, salah satu anak akan menyerahkan pohon ke Pak Gubernur. Begitu skenarionya. Yang terjadi, saat drama baru dimulai, gubernur menoleh sebentar lalu buru-buru pergi, tanpa senyum, dengan kawalan yang ketat. Anak-anak dan guru bengong,bingung, lalu drama terus berlangsung dengan kaku. Pohon diserahkan kepada gurunya. Mata saya menghangat kala itu, dan saya malas memotret gubernur itu.

Kali ini, sungguh beda. Pengawalan jauh lebih longgar walau jauh lebih banyak wartawan yang meliput. Rasanya baru kali ini acara pameran flora fauna tahunan ini ramai, wartawannya sebanyak ini. Tak lain karena kehadiran Jokowi, Gubernur DKI. Pengawal lebih berfungsi memberi jalan, karena sungguh susah gubernur ini untuk jalan mengelilingi stan. Dalam moment macam ini, saya pasti kalah dapat space motret. Makanya saya cari alternatif lain, dari sudut yang beda, bukan di stage fotografer. Di sini, saya mendengar anak-anak usia 6- 10 tahunan teriak-teriak : Jokowinya yang mana? Jokowinya mana? Pengin salaman, pengin foto bareng.

Saya tunjukin arah duduk Jokowi, dan anak-anak itu mau menuju ke sana yang segera dicegah pengawal. “Ih, Bapak pelit,” komentar anak-anak. Kali ini, mata saya menghangat lagi, betapa sosok satu ini dicintai banyak orang, bahkan oleh anak-anak. Baru kali ini pula, saya temukan kaos anak-anak yang dijual di Pasar Bonang (Tangerang) bergambar Jokowi dan Ahok di antara Shaun The Sheep dan Angry Bird.

Lama saya perhatikan dari balik lensa, betapa saya memang mengaguminya. Hanya, dia tetaplah bukan dewa, jadi tetap harus dikritisi. Dia tidak akan mengubah apa-apa jika masyarakatnya pun tidak mau berubah dan tetap memikirkan udelnya sendiri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s